Selasa, 10 Januari 2012

MICKEY MOUSE

Awalnya dari perjuangan Walt Elias Disney (5 Desember 1901-15 Desember 1966) atau yang lebih kita kenal dengan nama Walt Disney dan rekannya Ub Iwerk, mereka berkarya dan menuangkannya pada tahun 1928. semula mereka mengerjakan animasi Oswald The Lucky Rabbit yang didesain Studio Disney untuk Charles Mintz dari Universal Studios.

Walt Disney tidak meneruskan animasi tersebut karena ketidakcocokan. Hingga kemudian Walt Disney ingat karakter tikus di lahan pertaniannya. Dari ide ini, Iwrk memberikan sketsa ke Walt Disney dan ternyata karakter itu diterima Walt.

Semula Walt Disney menamai figur ini Mortimer Mouse, tetapi istrinya menolak karena nama itu sangat buruk. Akhirnya nama Micky Mouse yang dipilih.

Mickey tampil pertama kali pada 15 Juni 1928 dalam sebuah animasi berjudul Plane Crazy. Dalam cerita ini Walt telah menyertakan pasangan Mickey yaitu Minnie Mouse. Dalam tampilan Mickey yang pertama tidak tergolong sukses. Kemudian Walt membuat animasi kedua yang berjudul Gallopin’ Gaucho, namun animasi ini pun tidak berhasil mendapatkan distributor.

Pada 18 November 1928 animasi ketiga yang berjudul Steamboat Willie mendapatkan tempat bagi publik.

Pada tanggal 13 January 1930 Walt Disney mendapatkan tawaran dari King Features Syndicate untuk menjadikan Mickey Mouse dan karakter lainnya ke dalam komik, pada seri ke lima belas.

Pada tahun 1955 Walt Disney dan saudara-saudaranya mendirikan taman bermain bagi anak-anak yang bersifat permanen.


(Kompas, Senin 01 Desember 2008)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar