Kamis, 12 Januari 2012

JABAL HARUN

Petra, Yordania, adalah situs purbakala. Petra dikelilingi gunung. Disini ada gunung setinggi 1.350 mdpl. Inilah kawasan tertinggi di areal ini.

Kawasan tertinggi inilah yang disebut Gunung Harun [Jabal Harun]. Inilah tempat yang paling sering dikunjungi orang. Para pengunjung percaya, di puncak inilah Nabi Harun meninggal dan di makamkan. Nabi Musalah yang memakamkan jenazah Nabi Harun di gunung yang dahulu disebut Gunung Hor atau El-Barra.


Di abad ke-14 M, sebuah masjid dibangun di sini dengan kubah berwarna putih yang terlihat dari berbagai area di sekitar Petra. Nabi Harun tiba di wilayah Yordania sekarang ketika mendampingi Nabi Musa membawa umatnya keluar dari Mesir dari kejaran Raja Firaun.

Di abad ke-1 sebelum Masehi, Kerajaan Nabataea _yang kaya dan kuat_ menjangkau wilayah Damaskus di utara dan Laut Mati di selatan. Saat ini, Petra telah didiami sekitar 30 ribu penduduk. Di masa ini, di bangun kuil agung.

Tahun 100-an M, Romwi pernah menguasai wilayah ini. Arsitektur di Petra pun terpengaruh arsitektur Romawi. Pada 600 M, di Petra dibangun Gereja. Abad ke-7 M, Islam hadir, dan pada abad ke-14 M, makam Nabi Harun di Jabal Harun menjadi tempat keramat dari umat Islam, selain Yahudi dan Kristiani.

Setelah perang Salib di abad ke-12, Petra sempat menjadi kota hilang selama lebih dari 500 tahun. Hanya penduduk wilayah lokal di wilayah Arab yang mengenalnya.

Ensiklopedia
Republika, Ahad 08 Juli 2007

Tidak ada komentar:

Posting Komentar