Jumat, 06 Januari 2012

TANAM PAKSA

[208]
Sistem pajak in nature, cultuurstelseel disebut juga culture sistem diterjemahkan menjadi tanam paksa. Tanam Paksa ini terjadi pada 1245 – 1337 H/1830 – 1919 M. Penyebab tanam paksa adalah Kerajaan Protestan Belanda dan pemerintah kolonial Belanda krisis keuangan dan tertindih hutang pada East Indian Company (EIC). Akibat dari dampak perang Napoleon, perang Belgia, perang di Eropa dan perang Diponegoro, perang Banten, serta perang Padri.
[209]
Tujuan Taman Paksa penjajah, menurut teori Carl Clausewitz dalam On War adalah the destruction of enemy’s Forces (penghancuran segenap kekuatan lawan), tujuan lainnya adalah mematikan kesadaran da kemampuan dalam sistem pemasaran tanaman. Bagi Belanda sasarannya di Pulau Jawa adalah Ulama dan Santri serta masa pendukungnya.
[217]
Pada 1860 M, Eduard Douwes Dekker atau Multatuli meloporkan pada 1820 – 1887 M dalam bukunya Max Havelaar, sebaliknya diingatkan bahwa kemakmuran yang dinikmati oleh Belanda, setiap Sen nya diperoleh dari jerih payah dan pengorbanan para petani Muslim dari suku Sunda dan Jawa.

Mahakarya Perjuangan Ulama dan Santri dalam Menegakan NKRI
Ahmad Mansur Suryanegara
PT. Salamadani Pustaka Semesta
2009 M|Bandung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar