Minggu, 01 Januari 2012

ISTANA MERDEKA

Gedung Istana Merdeka adalah kantor dan tempat tinggal presiden. Berlokasi di Jl. Medan Merdeka Utara, di bangun menghadap ke Taman Monumen Nasional (Monas), gedung ini di bangun semasa pemerintahan Gubernur Jenderal JW Van Lansberge pada tahun 1873 di kala Indonesia masih bernama Hindia Belanda, arsitektur bangunan ini adalah Drossares.

Semula istana negara Istana Gambir. Di kompleks Istana Merdeka ini ada pula Istana Negara dan Bina Graha, yang berada di Jl. Veteran. Presiden dan Bina Graha Soeharto dan Presiden BJ Habibie memakai Bina Graha sebagai kantor. Presiden memakai Istana Negara sebagai kantor dengan alasan lalu lintas Jl. Veteran depan Bina Graha terlalu ramai.


Pada Desember 1949, Istana Merdeka masih bernama Istana Gambir. Pada 27 Desember 1949 ia menjadi tempat penandatanganan naskah pengakuan kedaulatan Republik Indonesia Serikat (RIS) oleh Pemerintahan Belanda. Penandatanganan dari Indonesia diwakili oleh Sri Sultan Hamengku Buwono IX dan dari Belanda diwakili dari Kerajaan Belanda, AHJ Lovink.

Pada tanggal itu pula , bendera Belanda diturunkan dan bendera Indonesia di turunkan. Ketika bendera merah putih berkibar, massa yang berada di Istana dan sekitarnya meneriakan slogan kemerdekaan: Merdeka! Merdeka! Sejak itulah Istana Gambir diubah namanya menjadi Istana Merdeka.

Pada tanggal 28 Desember 1949, untuk pertama kalinya, Presiden Soekarno tinggal di Istana Merdeka. Pada 17 Agustus 1950, halaman Istana Merdeka untuk pertama kalinya di pakai sebagai tempat upacara peringatan Detik-detik Proklamasi. Setelah Soekarno, Presiden yang tercatat tinggal di Istana Negara adalah Presiden Abdurrahman Wahid, Susilo Bambang Yudhoyono.

Selain Istana Merdeka dan Istana Negara ada lagi empat istana kepresidenan, yaitu Istana Bogor di Bogor, Istana Cipanas di Cipanas, Istana Tampaksiring di Bali, dan Istana Gedung Agung di Yogyakarta. Hanya Istana Tampaksiring yang di bangun semasa Indonesia merdeka, yaitu masa kepemimpinan Soekarno.

Ensiklopedia
[Republika, Ahad 11 Maret 2007]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar